Workshop Pelatihan Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK)

Bandung, 27 Februari 2024, Unit LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) menyelenggarakan Kegiatan Workshop Pelatihan Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) yang dipandu langsung oleh Master Asesor dari BNSP yaitu Ibu Tri Darawanti Roesfian, S.E., M.M., LCPC. Acara tersebut melibatkan partisipasi aktif para Asesor LSP-P1 ULBI. Adapun Dosen di Program Studi D3 Teknik Informatika yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Muhammad Ruslan Maulani, S.Kom., MT., Supriady, ST., MT., dan Marwanto Rahmatuloh, ST., MT. Sedangkan Materi Uji Kompetensi (MUK) yang dikembangkan di Program Studi D3 Teknik Informatika yaitu Skema Teknisi Muda Jaringan Komputer dan Junior Mobile Programming, sehingga Skema tersebut nantinya akan digunakan oleh Alumni Program Studi D3 Teknik Informatika.


Peserta workshop tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka tentang penyusunan MUK tetapi juga berhasil menghasilkan Materi Uji Kompetensi yang sesuai dengan Peraturan BNSP. Output dari workshop ini untuk Program Studi D3 Teknik Informatika yaitu Perangkat MUK Skema Teknisi Muda Jaringan Komputer dan Junior Mobile Programming, sehingga Skema tersebut nantinya akan digunakan oleh Alumni Program Studi D3 Teknik Informatika dan merupakan sertifikat pendamping bagi Lulusan.

Materi dalam kegiatan Workshop tersebut, yaitu:

a. Proses Asesmen sesuai Peraturan BNSP

Workshop ini memberikan pemahaman mendalam tentang Proses Asesmen sesuai dengan peraturan BNSP. Peserta diajak untuk mengeksplorasi tahapan asesmen, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, sehingga mereka dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip asesmen dengan efektif.

b. Format MUK Terbaru (Template 2023) dan Penjabarannya

Peserta tidak hanya diberikan informasi tentang Format MUK terbaru, tetapi mereka juga mendapatkan penjelasan rinci mengenai setiap elemen format tersebut. Mulai dari deskripsi unit kompetensi hingga kriteria penilaian, workshop ini mengajarkan cara menyusun format MUK yang sesuai dan komprehensif.

c. Cara Menerapkan Format MUK untuk Menerjemahkan Skema Sertifikasi

Salah satu highlight dari workshop adalah panduan praktis tentang cara menerapkan format MUK untuk menerjemahkan skema sertifikasi ke dalam draft MUK yang sesuai dengan keperluan asesmen. Peserta dibimbing langkah demi langkah dalam menyesuaikan format MUK dengan konteks spesifik asesmen yang mereka hadapi.

Dari workshop tersebut, TIM pengembang dari Program Studi D3 Teknik Informatika menghasilkan dokumen perangkat MUK Skema Teknisi Muda Jaringan Komputer dan Junior Mobile Programming. Dokumen tersebut akan diajukan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar dapat diakui dan digunakan secara resmi oleh Program Studi D3 Teknik Informatika ULBI. Sehingga, lulusan Prodi. D3 Teknik Informatika dapat mengambil Uji Kompetensi Skema Teknisi Muda Jaringan Komputer dan Junior Mobile Programming.

Ad Code

Responsive Advertisement

Karir

3/Karir/post-list

Pengunjung

Flag Counter
Sekolah Vokasi : Ahli Madya Teknik Informatika

Ticker

6/recent/ticker-posts

© ‧ Sekolah Vokasi : Ahli Madya Teknik Informatika. All rights reserved.